Universitas Riau Kepulauan Penelitian ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PENYUSUTAN AKTIVA TETAP

ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PENYUSUTAN AKTIVA TETAP

(Studi Kasus pada  PT. BATAM HILLS GOLF RESORT)

Hendry Jaya

Dosen Tetap Prodi Akuntansi Fak. Ekonomi Universitas Riau Kepulauan Batam

 

I. PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang

Istilah penyusutan berarti pengalokasian harga perolehan aktiva tetap menjadi beban, yang akan mengurangi pendapatan dari penggunaan aktiva tetap tersebut. Kesalahan dalam penetapan metode penyusutan dan masa aktiva dapat mempengaruhi rencana perusahaan dalam mencapai tujuannya. Kesalahan dalam ukuran aktiva tetap juga dapat mempengaruhi kewajaran laporan keuangan secara signifikan, terutama terhadap penyusutan. Kesalahan tersebut dapat dihindari dengan cara menentukan taksiran umur ekonomis aktiva tetap dan metode penyusutan yang digunakan. Dengan adanya penyusutan akuntansi aktiva tetap, maka informasi mengenai jumlah, jenis, nilai dan alokasi aktiva tetap serta beban yang timbul dari penggunaannya akan mudah didapat. Hal ini tidak saja memudahkan penghitungan laba perusahaan tetapi juga memudahkan kegiatan pengawasan aktiva tetap perusahaan. Untuk itu dituntut penerapan penyusutan akuntansi aktiva tetap yang baik sebagai media informasi untuk pihak manajemen dalam mengoptimalkan penggunaan aktiva tetap perusahaan. Sebab dalam penetapan tujuan perusahaan semua aspek harus ddiperhatikan termasuk malah penyusutan aktiva tetap.

Besarnya beban penyusutan aktiva tetap mempengaruhi besar kecilnya laba yang diperoleh perusahaan. Oleh karena itu perlu diadakan analisis terhadap metode penyusutan yang diterapkan perusahaan dalam aktiva tetapnya. Pada umumnya nilai ekonomis suatu aktiva tetap akan mengalami penurunan yang disebabkan pemakaian dan kerusakan, keusangan karena factor ekonomis dan teknis.

Dalam hal ini perusahaan harus memperhatikan masalah pada biaya reparasi dan pemeliharaan apakah relative konstan sepanjang umur aktiva tetap atau semakin meningkat. Karena itu pihak manajemen harus berhati2 dalam menerapkan kebijaksanaan khususnya jumlah pengeluaran pendapatan ( revenue expenditure), sebalinya pengeluaran untuk aktiva di atas jumlah minimal yang harus di kapasitasi sebagai pengeluaran modal ( capital expenditure ).

Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan mengambil judul skripsi adalah :

 “ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PENYUSUTAN AKTIVA TETAP PADA PT. BATAM HILLS GOLF RESORT”.

 

 

1.2    Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah:

Apakah metode penyusutan aktiva tetap pada Batam PT.Hills Golf Resort sudah cukup efektif ?

 

1.3     Batasan Masalah

Untuk menghindari terjadinya keracuan pada masalah yang diteliti serta adanya keterbatasan waktu, maka dilakukan batasan penelitian sebagai berikut :

Analisis difokuskan terhadap aktiva tetap berupa mesin yang digunakan untuk pemeliharaan lapangan.

 

1.4     Tujuan Penulisan

Penelitian ini bertujuan untuk :

Memberikan masukan tentang metode penyusutan yang terbaik digunakan oleh perusahaan sesuai dengan kondisi aktiva.

 

1.5     Manfaat penelitian

Penelitian ini diharapkan bermanfaat :

  1. Teoritis :

a. Bagi Penulis

Bagi peneliti menambah wawasan dan pengetahuan khususnya tentang akuntansi penyusutan dan penerapan penyusutan aktiva tetap pada PT. Batam Hills Golf Resort.

b. Bagi Penulis Selanjutnya

Bisa dijadikan sebagai masukan untuk menyempurnakan  penelitian – penelitian sebelumnya yang diharapkan dapat menjadi referensi untuk pengembangan ilmu pengetahuan, serta dapat mengundang timbulnya penelitan lebih lanjut oleh para calon peneliti berikutnya.

2.  Praktis :

  1.  Bagi Perusahaan

Bagi manajemen dapat memberikan bahan masukan ataupun  guna  menghasilkan keputusan dalam menetapkan masa manfaat aktiva tetap.

  1. Bagi Calon Kreditur

Hasil peneliti ini diharapkan dapat memberikan sumbangan  pemikiran sebagai bahan masukan bagi yang berminat melakukan penelitian mengenai akuntansi penyusutan

Related Post