Universitas Riau Kepulauan Penelitian ANALISIS PENGARUH HARGA, MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI BOLA LAMPU PHILIPS DI KECAMATAN MEDAN JOHOR KOTA MEDAN

ANALISIS PENGARUH HARGA, MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI BOLA LAMPU PHILIPS DI KECAMATAN MEDAN JOHOR KOTA MEDAN

LUKMANUL HAKIM

( Dosen Tetap Prodi Manajemen UNRIKA Batam )

ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian bola lampu Philips di Kecamatan Medan Johor, dan mengkaji faktor yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey, dengan mengumpulkan data melalui pemberian daftar pertanyaan kepada responden, yang menjadi sampel yaitu 100 orang masyarakat di Kecamatan Medan Johor yang diukur dengan skala likert dan menggunakan model statistika regresi linier berganda. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, dan sifat penelitian adalah penelitian explanatory.

            Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara serempak terdapat hubungan yang signifikan antara harga, merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian, dan faktor harga dan kualitas produk merupakan yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian, ini berarti harga dan kualitas produk yang paling menentukan keputusan pembelian bola lampu Philips di Kecamatan Medan Johor.

Keywords : Harga, Merek, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian

PENDAHULUAN

Persaingan pasar bola lampu di Indonesia saat ini semakin ketat dengan berkembangnya pemasaran dan kemajuan teknologi sehingga pemasar saat ini semakin gencar untuk melakukan penjualan dan ingin menjadi yang terbaik, sehingga setiap produsen bola lampu masing-masing menunjukkan eksistensinya untuk dapat merebut pasar yang persainganyaa setiap tahun semakin ketat. Saat ini dengan gencarnya bola lampu dari China dengan bermacam-macam merek masuk ke Indonesia dengan menawarkan harga yang lebih murah dan dengan kualitas yang beragam. Dengan banyaknya merek bola lampu yang ada di pasaran saat ini untuk memperebutkan pangsa pasar penjualan bola lampu sehingga menguntungkan konsumen untuk dapat mengenali perbedaan merek yang ada sehingga dapat memilih satu yang paling bernilai diantara produk bola lampu yang ada.

Related Post