Universitas Riau Kepulauan Berita MAHASISWA UNRIKA KUNJUNGI HALUAN KEPRI

MAHASISWA UNRIKA KUNJUNGI HALUAN KEPRI

Ternyata Buat Koran Tak Semudah Membacanya, Ya…

BENGKONG- Sejumlah mahasiswa Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batam mengunjungi Kantor Haluan Kepri, Selasa (6/12) malam. Dengan antusias, mereka mendengar dan meninjau tahap demi tahapan proses penerbitan koran harian, mulai dari pembuatan berita dari wartawan, proses editing oleh redaktur hingga ke ruang layout dan cetak.

Pada kesempatan itu, para mahasiswa tak mau melewatkan kesempatan untuk bertanya langsung kepada kru Haluan Kepri, termasuk soal berita yang akan menjadi headline (HL) penerbitan besok (hari ini). Setelah mendapat penjelasan panjang lebar, mahasiswa Unrika roadshow meninjau ruang-ruang kerja di dapur redaksi Haluan Kepri.

“Ternyata membuat koran itu tidak semudah saat membacanya ya mas,” ujar Megawati, mahasiswi Unrika dari Program Studi Biologi yang turut dalam rombongan.

Mahasiswa perempuan lainnya bertanya soal HL untuk halaman Metro Batam edisi Rabu (7/12). Saat melihat hasil printout dan membaca HL-nya soal Pasar Induk Jodoh, dia pun menanyakan alasan pemilihan HL tersebut.

“Kondisi Pasar Induk Jodoh semakin memprihatinkan. Para pedagang mengeluh, sementara pemerintah masih belum mengambil sikap tegas. Rencana swastanisasi sampai sekarang pun tak jelas. Tahapan lelang yang sudah direncanakan sejak awal tahun 2011, terseok-seok karena antara Pemko Batam dengan BP Batam belum singkron soal perhitungan aset-aset di pasar tersebut. Walau ini masalah sudah lama, namun menarik karena kemungkinan besar, swastanisasi pasar tersebut akan gagal lagi,” kata Yuri, Penanggungjawab Halaman Metro Batam.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Redaksi (Wapimred) Haluan Kepri, Yon Erizon menyambut baik kunjungan mahasiswa Unrika ini. ” Terima kasih atas kunjungannya, karena ini juga sangat berati bagi kami dan kami pun merasa bangga atas kunjungan ini. Mungkin selama ini adik-adik mahasiswa hanya tahu baca koran tapi tidak tahu bagaiman prosesnya, dari awal mulai wartawan mencari berita sampai menjadi sebuah koran utuh,” kata Yon.

Wakil Rektor III Unrika Dahrul Aman Harahap yang mendampingi para mahasiswa tersebut mengatakan, kunjungan ini merupakan agenda Unrika dalam melakukan kegiatan ekstra kampus. Kunjungan ke kantor surat kabar di Batam dimaksudkan agar mahasiswa mengetahui bagaimana suatu kejadian atau peristiwa dapat menjadi sebuah berita yang menarik untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas.

Usai meninjau langsung ke dapur redaksi, sejumlah mahasiswa tanpa malu-malu mengutarakan ketertarikannya untuk bergelut di bidang jurnalistik. Menurut mereka, meski bekerja di bawah tekanan, namun pekerjaan seorang jurnalis memberikan tantangan yang besar. Selain itu, juga baik untuk hubungan kemasyarakatan karena seorang wartawan sering berhubungan langsung dengan masyarakat banyak.

“Menjadi wartawan itu pasti harus pintar, ya. Buktinya, dia bisa mengetahui banyak persoalan. Ini bidang yang sangat menarik,” ujar salah satu mahasiswa.

Selain Wapimred dan Redaktur Metro Batam, turut menyambut rombongan Unrika, di antaranya, Redaktur Pelaksana II M Syahdan, Koordinator Liputan Ghafur dan Redaktur Khusus Edisi Mingggu Apsek. (cw41)

sumber : http://haluankepri.com/news/batam/21641-mahasiswa-unrika-kunjungi-haluan-kepri-.html

 

Related Post