Universitas Riau Kepulauan Berita BERI KULIAH UMUM DI UNRIKA BATAM, GUBERNUR KEPRI PAPARKAN POTENSI KEMARITIMAN

BERI KULIAH UMUM DI UNRIKA BATAM, GUBERNUR KEPRI PAPARKAN POTENSI KEMARITIMAN


BATUAJI  (HK) – Gubernur Kepuluan Riau Nurdin Basirun memberikan kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa baru Universitas Riau Kepulauan (Unrika) di aula besar kampus tersebut, Jumat (16/9).

Adapun materi yang sampaikan Nurdin dalam kuliah umum tersebut adalah mengenai program Pembangunan Kemaritiman di Kepri untuk Kemakmuran Masyarakat dalam rangka MEA.

Nurdin menyampaikan pembangunan infrastruktur berbasis kemaritiman di Kepulauan Riau menjadi skala prioritas daerah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama di hinterland agar dapat bersaing di MEA.

Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui program kemaritiman juga tak kalah pentingnya peran mahasiswa baik berupa sumbangan pikiran maupun melalui program kuliah kerja nyata membangun pedesaan.

” Peran penting mahasiswa juga diperlukan dalam memberikan sumbangan pikiran membangun daerah ini,” ujarnya.

Nurdin mencontohkan,  suatu daerah akan maju pesat bila diisi oleh sumber daya manusia berpendidikan tinggi, cerdas, berwawasan serta intelektual dan bersemangat tinggi dalam menyumbangkan pikiran dan tenaga yang tanpa pamrih.

Dulu, lanjut Nurdin, untuk meraih pendidikan tinggi ia menempuh segala daya upaya dengan prinsip bekerja keras penuh perjuangan untuk meraih pendidikan lebih baik. ” Kami berharap mahasiswa harus bekerja keras meraih sukses karena Kepri butuh bermacam keahlian membagun, ” terangnya.

Selain itu, kata dia, pemerintah saat ini mempermudah daerah kabupaten/kota dalam mengelola daerah dengan mempermudah segala regulasi yang diperlukan agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat daerah itu sendiri.

Salah satunya sektor pariwisata di Kepri, dimana wisata Bahari, Wisata Pantai dan Wisata Coral jauh lebih bagus dibandingkan daerah lainnya di Indonesia. Begitu juga Perdagangan, dimana Kepri Batam khususnya merupakan daerah strategis untuk menyaingi Singapura, namun diperlukan keahlian bagi generasi muda berpendidikan untuk mencapai kesuksesan.

” Dan saya berharap materi yang disampaikan dapat ditangkap peluang bagi mahasiswa sehingga memacu semangat belajar dan belajar kejenjang lebih tinggi sehingga ilmu tersebut dapat berguna membagun Kepri yang berbasis kemaritiman ini,” pungkasnya.

Rektor Unrika Prof Dr Nasrudin Harahap mengatakan saat ini jumlah mahasiswa Unrika sebanyak 910 orang. Mereka terbagi dalam lima Fakultas. “Saya berharap mahasiswa baru benar-benar belajar menuntut ilmu di sini,” kata Asrudin.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Yayasan Unrika. Prof. Dr Amrullah Nasution SE. MBA dalam sambutannya mengatakan universitas milik masyarakat dimana banyak pengawai OB kuliah di sini.  Hadir dalam kuliah umum, Ketua Yayasan Unrika, Rektor Unrika, Dekan dan sejumlah dosen dan mahasiswa Unrika lainnya.(par)

 

Sumber : http://haluankepri.com/batam/95049-gubernur-paparkan-potensi-kemaritiman.html

Related Post